Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 2 » SD » JURNAL PTK: ENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA MELALUI PERMAINAN LOOP CARDS PADA PESERTA DIDIK KELAS II

JURNAL PTK: ENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA MELALUI PERMAINAN LOOP CARDS PADA PESERTA DIDIK KELAS II

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti peserta didik kelas II SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaran 2012/2013 ditemukan berbagai permasalahan yang mengganggu proses pembelajaran yaitu peserta didik kurang aktif , kurang termotivasi   dan suasana kelas tampak gaduh karena ada sebagian peserta didik ada yang bermain kartu saat proses pembelajaran. Dari 18 peserta didik ditemukan 10 peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran, khususnya pada pelajaran IPS. Indikator masalah tersebut adalah peserta didik tidak mau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru, peserta didik tidak mau bertanya tentang materi yang belum dipahami dan saat diberi kesempatan bertanya, dan peserta didik tidak memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran, serta siswa sering tidak tuntas mengerjakan tugas/latihan sedangkan jam pelajaran telah habis. Hasil ulangan harian IPS sebelum diadakan penelitian pada peserta didik Kelas II SD Negeri Banaran 01 tahun pelajaran 2012/2013 ada 15 peserta didik (83%) dinyatakan belum tuntas, dengan nilai peserta didik terendah 45, nilai tertinggi 70 dan nilai rata kelas 56,9


Unduh file jurnal PTK disini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: ENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA MELALUI PERMAINAN LOOP CARDS PADA PESERTA DIDIK KELAS II "

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free