Oprasi hitung dapat dihafalkan namun hafalan itu akan terbatas dengan kemampuan daya ingat.Cara lebih baik untuk menguasai operasi hitung yaitu dengan memahami konsep operasi hitung.Biasanya siswa akan mengalami kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal operasi hitung khususnya pada operasi hitung pembagian.
Konsep pembagian adalah perkalian,penguarangan berulang yang artinya soal-soal operasi hiting pembagian dapat dikerjakan dengan perkalian atau pengurangan berulang.Tetapi apabila operasi hitung pembagian itu sudah melampaui tiga angka lebih maka dengan konsep perkalian dan pengurangan berulang akan mengalami kesulitan.
Cara bersusun ke bawah dengan menggunakan langkah-langkah mengalikan, menguarangi dan menurunkan angka adalah cara pembagian bilangan 3 angka yang masih berpegang pada konsep pembagian yang benar.Dengan cara ini maka siswa akan dapat lebih mengerti bahwa mengerjakan soal operasi hitung harus dikerjakan dengan beberapa cara,artinya tidak hanya menggunakan satu cara saja.
Langkah-langkah pada pembagian bersusun ke bawah adalah cara yang logis karena siswa terlebih dahulu harus menguasai operasi hitung perkalian dan pengurangan.Berdasarkan urutan logika dan secara psikologis siswa akan lebih dahulu menguasai operasi hitung penjumlahan,pengurangan,perkalian baru pembagian.Pengenalan terhadap operasi hitung harus diperkenalkan secara urut berdasarkan urutan logika dan perkembangan psikologi anak.
Jadi dengan pembagian bilangan 3 angka atau lebih yang dikerjakan menggunakan cara bersusun ke bawah adalah cara yang terbaik untuk mengembangkan ketrampilan dan krestifitas siswa agar mengusai operasi hitung dengan sempurna.