Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar. Sampai saat ini, pelajaran matematika masih menjadi masalah bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari keluhan siswa yang mengatakan bahwa matematika itu sulit, dan nilai matematika lebih rendah daripada mata pelajaran yang lain.
Kondisi ini terlihat pada siswa kelas V di SD Negeri Premulung No. 94 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta, di mana dari 48 anak yang ada, baru ada 23 anak atau 47.92% yang mencapai ketuntasan belajar dengan KKM sebesar 64. Sisanya, sebanyak 25 anak atau 51.08% belum mencapai ketuntasan belajar pada konsep bangun ruang. Dengan demikian siswa yang harus mengikuti remedial mencapai 25 anak. Hal ini menunjukkan fakta bahwa pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Data tingkat ketuntasan belajar siswa kelas V pada semester II dapat disajikan sebagai berikut:
Unduh file PTK pada link dibawah ini