Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL MAKE A MATCH BAGI SISWA KELAS IV

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL MAKE A MATCH BAGI SISWA KELAS IV

Dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 10  laki-laki dan 9 perempuan.Prosedur penelitianyang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus 1 dan siklus ke 2 sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus 1 dan nilai tes siklus 2 kemudian direfleksi.
Hasil penelitian melalui model make a match dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 terdapat peningkatan keaktifan dari kurang aktif menjadi aktif dan peningkatan kratifitas dari kurang kreatif menjadi kreatif dan peningkatan kerja sama dari kurang baik menjadi baik.
Dari kondisi awal ke siklus 2 mengalami peningkatan tentang kompetensi siswa yaitu nilai belum tuntas dari 11  siswa (58%) turun menjadi 7 siswa (37%) berarti menurun 4 siswa (21,4 Nilai tuntas dari 8 siswa (42 %) menjadi 19 siswa (100%) yaitu meningkat 11  siswa (57,9 %). Nilai rata-rata dari 60  meningkat75,8 yaitu meningkat 15,80.


Belum ada komentar untuk "UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL MAKE A MATCH BAGI SISWA KELAS IV"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free