Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes atau penugasan, sedangkan analisis data dilakukan dengan model interaktif. Sedangkan aktivitas dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif model picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi sifat dan perubahan wujud benda melalui modelpembelajaranpicture and picture bagi siswa kelas IV SD semester II tahun pelajaran 2013/2014.
Motivasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II terdapat peningkatan aspek tanggung jawab dari cukup menjadi baik, aspek tekun dari cukup baik menjadi amat baik, aspek memiliki sejumlah usaha dari cukup baik menjadi baik, aspek memperhatikan umpa balik dari cukup baik menjadi baik, aspek waktu penyelesaian tugas dari cukup baik menjadi baik, dan aspek menetapkan tujuan yang realistis dari cukup baik menjadi amat baik.
Hasil ulangan harian siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan kondisiawalketuntasan siswa pada siklus II mencapai 94,6%. Nilai rata-rata kelas jugameningkat dari 62,6 menjadi 82,7 meningkat 19,90.