Berdasarkan hasil deskripsi rekapitulasi data awal sebelum diberikan tindakan maka dapat dijelaskan bawa mayoritas siswa belum menujukan hasil yang baik, dengan prosentase ketuntasan belajar 14 siswa atau 41.18% siswa
Pelaksanaan siklus I dimulai melalui tahap perencanaan dengan menyiapkan lembar pengamatan dan tes pembelajaran dengan penerapan Pembelajaran Pendekatan Bermain kepada siswa. Pelaksanaan siklus I ini dilaksanakan pada Sabtu tanggal 1 Februari 2014 di halaman SD. Kegiatan diawali dengan peneliti mempresentasikan ilustrasi proses pembelajaran dengan pendekatan bermain.
Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan dan unjuk kerja siswa dengan pendekatan bermain, selanjutnya peneliti melakukan observasi melalui kunjungan kelas untuk melakukan penilaian terhadap unjuk kerja siswa dalam pelaksanaan belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti melakukan pengamatan secara langsung dengan berpedoman pada lembar pengamatan, pelaksanaan tes dan pengukuran dilakukan selama 5 hari.
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan observasi pada siklus I diperoleh hasil penilaian hasil belajar sebagai berikut: