Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD

Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 2)  Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 3) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar “Kenampakan Alam ”  bagi siswa Kelas IV   semester I SD   tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar, nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS, pembelajaran elaboratif, strategi concept mapping


Belum ada komentar untuk "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free