Diperoleh nilai 77,4 nilai terendah 15 dan nilai tertinggi 100 serta tingkat ketuntasan 70%. Ini berarti dari 44 siswa yang dikenai tindakan pembelajaran sebanyak 34 siswa (68%) telah mencapai batas ketuntasan dan 20 siswa (30%) yang belum mencapai KKM.
Ada perubahan karakter yang teridentifikasi pada siswa yang jujur, tanggung jawab, kerjasama, mandiri bersahabat rasa ingin tahu dan menghargai prestasi . siswa berusaha untuk menyelesaikan masalah sendiri. Setelah bermain mengembalikan paparan kartu dengan baik. Ada usaha mengumpulkan tugas tepat waktu. Kerja sama terlihat ke seluruh anggota kelompok. Rasa ingin tahu yang begitu besar terlihat siswa berebut ingin mendapatkan bagian dan adu cepat meletakkan kartu ke paparan. Dari data hasil pengamatan dapat dijelaskanpada siklus I di peroleh nilai rata-rata 75. Bila dibandingkan dengan awal pembelajaran maka ada kenaikan 9 atau 14%
Aktivitas , dan hasil belajar yag meningkat merupakan indikator bahwa pembelajaran dengan menggunakan media yang tepat akan disukai siswa. Namun demikian peneliti menyimpulkan bahwa tindakan siklus I belum mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu perlu diadakan tindakan kelas lagi pada siklus II. Untuk pencapaian hasil belajar dan aktivitas siswa pada siklus I dapat dilihat pada tabel 5 berikut: