Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 2) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 3) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kompetensi dasar “Kenampakan Alam ” bagi siswa Kelas IV semester I SD tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar, nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS, pembelajaran elaboratif, strategi concept mapping