Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II sedangkan data yang berupa angka dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus I dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang alat pencernaan manusia pada siswa kelas V semester 1 tahun ajaran 2014/ 2015.
Dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari kreativitas cukup baik menjadi amat baik dan melalui penggunaan strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang alat pencernaan manusia bagi siswa kelas V semester 1 tahun ajaran 2014/ 2015. Dari kondisi awal terdapat 9 siswa atau (45%) ke kondisi berikutnya 12 siswa atau (60%), kemudian di kondisi akhir seluruh siswa (100%) mendapat nilai tuntas. Nilai rata-rata dari kondisi awal 62,25 selanjutnya 70,25 dan kondisi akhir menjadi 78,5.