Indikator kinerja keberhasilan dalam proses pembelajaran yang dilakukan adalah meningkatnya dampak proses pem,belajaran dan dampak produk pembelajaran yang dilakukan. Untuk itu indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut: 1) Siswa dianggap telah mencapai ketuntasan belajar apabila sudah memperoleh nilai > 70.00. 2) Tindakan dianggap berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar IPA materi “Penyebab Perubahan Benda” sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 70.00. 3) Tindakan dinyatakan berhasil apabila jumlah siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 70.00 sudah mencapai > 80.00% dari jumlah siswa.
Prosedur Penelitian
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. atas konsep pokok bahwa penelitian tindakan terdiri dari empat komponen pokok yang juga menunjukkan langkah, yaitu: 1) Perencanaan atau planning: 2) Tindakan atau acting; 3) Pengamatan atau observing; dan 4) Refleksi atau reflecting. Hubungan antara keempat komponen tersebut menunjukkan sebuah siklus atau kegiatan berkelanjutan berulang.