Dari analisis data penelitian disimpulkan bahwa: Penggunaan metode Make A Match berpengaruh positip terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam memahami dari isi materi pelajaran hal tersebut berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan capaian nilai komulatip (kelas) dalam setiap kegiatan, yakni: kegiatan pada kondisi awal (pra siklus) capaian nilai belajar siswa 61,00% kegiatan siklus I meningkat menjadi 70,00%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,00%. Peningkatan capaian nilai belajar pada tindakan akhir mencapai 86,00% melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan ≥ 76,00%. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa: Penggunaan metode Make A Match efektip meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan capaian nilai ketuntasan siswa dalam setiap siklus tindakan, yakni: kondisi awal atau pra siklus nilai ketuntasan kelas (00,00%), siklus I meningkat menjadi (40,00%), dan akhirnya pada siklus II menjadi (100%) melampaui indikator keberhasilan ≥ 85%.
">