Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » SD » MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD

Yang terdiri terdiri 6 orang guru kelas yaitu: guru kelas 1, guru kelas 2, guru kelas 3, guru kelas 4, guru kelas 5, dan guru kelas 6, dengan jumlah 6 orang guru yang terdiri dari 5 orang guru    laki-laki (16,67%) dan 5 (83,33%) orang guru perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Tindakan yang dilakukan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi daftar penilaian supervisi pembelajaran, lembar observasi/pengamatan. Alat pengumpul data berupa hasil supervisi guru Kelas dalam melaksanakan pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif  komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan siklus I, dan siklus II dilanjutkan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi klinis mampu membantu kepala sekolah meningkatkan motivasi dan kompetensi guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran


Belum ada komentar untuk "MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free