Kurang optimalnya kemampuan siswa dalam penguasaan materi tersebut terlihat dari hasil ulangan harian yang diberikan guru, khususnya pada materi menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik. Berdasarkan hasil ulangan harian pada materi tersebut, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 58.53.
Nilai rata-rata tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan nilai KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu dengan KKM > 60.00. Atas dasar hal tersebut maka siswa secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar.
Ditinjau dari tingkat penguasaan penuh secara klasikal, tingkat ketuntasan belajar di kelas tersebut baru mencapai 52.94% dari jumlah siswa. Hal tersebut dapat diartikan bahwa dari 17 orang siswa yang ada, baru ada 9 orang siswa yang sudah memperoleh nilai > 60.00. Sisanya sebanyak 8 orang siswa atau 47.06% memperoleh nilai < 60.00 pada materi menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik.
Kondisi tersebut perlu diperbaiki dan diubah agar suasana pembelajaran menjadi lebih hidup. Langkah perbaikan yang dilakukan guru adalah dengan mengupayakan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa senang mempelajari matematika.