Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2011. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata – rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar sebesar 70%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I. Nilai rata – rata kelas pada siklus I adalah 5,83 dengan ketuntasan klasikal 47,36 %.Siklus II dilaksaanakan pada tanggal 6 April 2009. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus II diperoleh rata – rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar sebesar 87,5%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus II. Nilai rata – rata kelas pada siklus II adalah 8,3 dengan ketuntasan klasikal 87,5 %.