Penerapan model Value Clarification Technique dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan. Jumlah siswa dengan aktivitas belajar kategori aktif mengalami peningkatan dari sebesar 15.38% pada kondisi awal, meningkat menjadi 30.77% pada tindakan Siklus I, kemudian meningkat menjadi 53.85% pada tindakan Siklus II.
Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal adalah sebesar 66.46. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 69.85 pada akhir tindakan pembelajaran Siklus I. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada akhir tindakan pembelajaran Siklus II meningkat menjadi sebesar 74.00. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal adalah sebesar 53.85%. Tingkat ketuntasan belajar siswa pada akhir tindakan pembelajaran Siklus I mengalami peningkatan menjadi 69.23%, kemudian meningkat menjadi 100.00% pada akhir tindakan pembelajaran Siklus II.