Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Hipotesis 1 menyebutkan Melalui Penerapan Pembelajaran Konstektual contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman soal cerita dalam Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas X-I SMA Negeri 5 Surakarta Pada Semester I Tahun 2009/2010. (2) Hipotesis 2 menyebutkan melalui Penerapan Pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga tingkat pemahaman siswa dapat meningkat pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variable bagi Siswa Kelas X-I SMA Negeri 5 Surakarta Pada Semester I Tahun 2009/2010.
Penelitian ini memberikan suatu gambaran yang jelas bahwa keberhasilan proses pembelajaran tergantung pada beberapa faktor. Faktor tersebut berasal dari pihak guru maupun siswa serta alat/media pembelajaran yang digunakan. Faktor dari pihak guru yaitu kemampuan guru dalam mengambangkan materi, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, kemampuan guru dalam mengelola kelas, metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, serta teknik yang digunakan guru sebagai sarana untuk menyampaikan materi. Sedangkan faktor siswa yaitu minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Ketersediaan alat/media pembelajaran yang menarik dapat juga membantu motivasi belajar siswa sehingga akan diperoleh hasil belajar yang optimal dalam hal ini adalah meningkatnya pemahaman siswa tentang materi sistem persamaan linear dua variabel.