Berdasarkan hasil penelitian disimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil yang diperoleh.
Setelah dilakukan penelitian dalam dua siklus, dihasilkan simpulan bahwa pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif buku biografi tokoh siswa. Melalui tes awal diperoleh hasil rata-rata klasikal adalah 51,31 dan berada pada kategori kurang. Kemudian dilaksanakan tes siklus I dan diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa kelas VI SD Negeri Pengkol 01 Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo secara klasikal 78,54 dengan kategori baik. Nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 27,23% dari hasil pratindakan dan berada pada kategori amat baik. Meskipun hasil tersebut sudah cukup memuaskan, namun peneliti masih melaksanakan pembelajaran dan tes siklus ke II yaitu 90,08 dan berada pada kategori sangat baik, dengan peningkatan sebesar 11,54% dari hasil tes siklus I dan peningkatan tersebut pada kategori cukup.
Setelah mendapatkan pembelajaran metode jigsaw, siswa kelas VI SD Negeri Pengkol 01 Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo mengalami beberapa perubahan sikap, Pengalaman yang diperoleh siswa pada saat mengikuti pembelajaran siklus I menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih memperhatikan penjelasan guru, lebih aktif bertanya, dan lebih tertarik pada pembelajaran. Dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw, siswa menjadi lebih mudah bersosialisasi. Siswa-siswa yang awalnya memiliki sifat egois, mementingkan diri sendiri, atau merasa lebih pandai dari yang lain, dapat memperbaikai diri dan lebih menghargai sesama.