Pengenalan materi pada tiap kelompok yang lebih menguasai materi bisa dikembangkan dengan pembahasan lain dalam kelompok. Dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik yang pendiam maka peserta didik mempunyai peluang untuk dapat melaksanakan diskusi dengan baik dan bertanggung jawab. Dari hasil pengecekan terhadap hasil nilai yang diperoleh peserta didik, masih ditemukan juga ada beberapa peserta didik yang masih mempunyai nilai dalam ketegori kurang. Namun dari segi kreatifitas, minat, dan hasil observasi menunjukkan peningkatan yang sangat berarti.
Pada siklus II, sistem dengan model TPS (think pairs share) ditingkatkan kepada pendidik dan peserta didik untuk lebih meningkatkan komunikasi pada saat pembelajaran fisika khususnya dalam melakukan diskusi. Pemberian materi yang disampaikan oleh pendidik diteruskan dengaan memberikan materi dengan diskusi yang kemudian peserta didik disuruh untuk mempresentasikan hasil tersebut di depan kelas. Pada akhir pelajaran pendidik melakukan uji kompetensi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dalam mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.