Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut:
(1) Pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster yang telah dilaksanakan di Kelas VI SD Negeri 2 Japanan Kecamatan Cawas Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi hitung pecahan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata – rata kelas dan ketuntasan klasikal. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster nilai rata – rata kelas hanya 6,3 dengan ketuntasan klasikal tidak lebih dari 50 %. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster nilai rata – rata kelas pada siklus I adalah 5,83 dengan ketuntasan klasikal 47,36 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata kelas 8,3 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5 %.
(2) Aktivitas belajar siswa pada saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster juga mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster, siswa yang aktif tidak lebih dari 60%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan memanfaatkan media kartu dan poster, siswa yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 87,5%.