Dari hasil Analisis data yang dilakukan dari proses pembelajaran menggunakan STAD dapat didiskripsikan sebagai berikut :
Dalam perbaikan pembelajaran, guru memulai pembelajaran dengan presentasi baik menggunakan alat peraga atau tidak sesuai dengan materi dan melibatkan siswa.
Dalam pembelajaran dengan menggunaan pembelajaran kooperatif model STAD, dapat dianalisis yaitu :
Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok dengan jumlah setiap kelompok 5 dan 4 siswa.
Hasil dari perhitungan diperoleh bahwa kelompok H memperoleh kriteria Super Team karena diperoleh rata-rata nilai 24,75 dan kelompok F memproleh Great Team dengan rata-rata nilai 20,25 sedangkan kelompok lain mendapatkan kriteria good team. Predikat ini dapat diperoleh karena keseluruhan tim dapat melewati nilai skor dasar dari setiap individu yang menjadi syarat untuk menjadi super team ataupun great team.
Dalam proses pembelajaran siswa berperan aktif sehingga situasi kelas menjadi hidup.
Dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan tes sekali namun dalam pembelajaran selanjutnya harus dilakukan beberapa tes sehingga pembelajaran ini dapat lebih meningkatkan prestasi siswa.
Pada penelitian selanjutnya setelah 2 atau 3 kali pertemuan harus dilakukan perubahan atau pergantian kelompok agar terjadi penyegaran, dan memberikan kesempatan siswa untuk menjadi super team.