Di akhir pembelajaran, peneliti membagikan soal tes kepada siswa untuk di kerjakan oleh masing-masing siswa. Dalam waktu 15 menit, siswa rata-rata sudah selesai mengerjakan soal tes. 10 Menit kemudian peneliti mulai mengajak aktif siswa dalam membahas soal. 5 menit sebelum pelajaran berakhir, peneliti memberikan tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah, kemudian peneliti menutup pembelajaran.
Pelaksanaan tindakan dilaksanakan selama dua minggu yang terbagi dalam dua siklus, dimulai Pertengahan Februari 2012 hingga akhir Februari 2012
Observasi dilakukan oleh peneliti dengan pedoman observasi dan catatan lapangan, diupayakan tidak membebani administrasi. Observasi dilakukan peneliti sendiri dengan cara mencatat pengaruh tindakan yang berkaitan dengan reaksi, inisiatif siswa, situasi tempat tindakan dilakukan dan kendala tindakan dalam suatu catatan lapang.
Refleksi merupakan pengkajian terhadap keberhasilan atau kegagalan dalam pencapaian tujuan sementara.
Hasil pengamatan terhadap kreativitas belajar pada mata pelajaran matematika selama ini kurang baik.
Perencanaan tindakan pada siklus 1 yang telah disusun oleh peneliti bersama guru kelas adalah dengan memanfaatkan alat peraga pancagram dan membagi siswa dalam kelompok (1kelompok 8 orang). Alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah 2 x 35 menit.