Pelatihan kerja merupakan usaha untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan siswa dalam menguasai pekerjaan di pelatihan/dunia usaha/dunia industri. Pelatihan kerja akan berhasil dan efektif apabila dilihat dari ketiga aspek, yaitu; (1) tingkat kebermanfaatan dalam usaha, (2) menimbulkan perubahan dan, (3) berhubungan dengan kemampuan tertentu (akuntansi).
Dari hasil olah data diperoleh nilai b1 sebesar 0,453, artinya jika kegiatan pelatihan kerja meningkat 1 skor, maka hasil uji kompetensi akuntansi siswa SMK Sukawati Gemolong, Sragen, akan meningkat sebesar 0,453.
Peran serta dunia usaha merupakan keikutsertaan dunia usaha maupun dunia industri dalam memanfaatkan berbagai program pembelajaran dan pelatihan yang diselenggarakan antara pihak sekolah dengan pihak dunia usaha, sehingga terjadi link and macth antara teori yang diberikan disekolah dengan praktik yang ada di dunia usaha.
Dari hasil olah data diperoleh nilai b2 = 0,359, artinya jika peran serta dunia usaha meningkat 1 skor, maka hasil uji kompetensi akuntansi siswa SMK Sukawati Gemolong, Sragen, akan meningkat sebesar 0,359.
Ada empat tahap yang dapat dilakukan siswa dalam mengikuti kegiatan tugas akhir yakni; (1) Pemilihan dan penentuan judul Tugas akhir, (2) Penyusunan Proposal, (3) Proses Pelaksanaan, (4) Kegiatan Kulmonasi, (5) Rekomendasi pemberian sertifikat kompetensi / kualifikasi.