Penelitian ini disebut penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas III SD Negeri Karakan 01 Kecamatan Weru Kab. Sukoharjo semester I tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 12 siswa dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah Observasi langsung yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung adalah observasi partisipatif agar hasilnya obyektif, selain itu observasi juga dilakukan untuk mengamati siswa dalam mengikuti pembelajaran dan Tes yang dilaksanakan pada awal penelitian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dan pada akhir setiap siklus untuk mengetahui prestasi belajar membaca anak. Teknik analisis hasil penelitian nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus sebelumnya sampai siklus III ini meningkat hingga daya serapnya mencapai 89 %. Semula hanya mencapai rata-rata 7,4 kini meningkat menjadi 8,9. peningkatan ini telah melebihi dari yang peneliti targetkan (KKM). Sehingga, melihat dari hasil penelitian yang cukup baik pada materi pecahan ini dapat dikatakan bahawa penggunaan peraga benda konkrit dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dari hasil ini maka peneliti akan melanjutkan dan menggunakan cara-cara yang sudah peneliti tempuh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkrit dapat mengatasi kesulitan belajar materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Karakan 01 Kecamatan Weru Kab. Sukoharjo Semester I Tahun 2013/2014.