Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 3 » SD » UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET SISWA KELAS III SD

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET SISWA KELAS III SD


Penelitian ini disebut penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah semua siswa kelas III SD Negeri Karakan 01 Kecamatan Weru Kab. Sukoharjo  semester I tahun pelajaran 2013/2014 sejumlah 12 siswa dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah Observasi langsung yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran berlangsung adalah observasi partisipatif agar hasilnya obyektif, selain itu observasi juga dilakukan untuk mengamati siswa dalam mengikuti pembelajaran dan Tes yang dilaksanakan pada awal penelitian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak dan pada akhir setiap siklus untuk mengetahui prestasi belajar membaca anak. Teknik analisis hasil penelitian nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus sebelumnya sampai siklus III ini meningkat hingga daya serapnya mencapai 89 %. Semula hanya mencapai rata-rata 7,4 kini meningkat menjadi 8,9. peningkatan ini telah melebihi dari yang peneliti targetkan (KKM). Sehingga, melihat dari hasil penelitian yang cukup baik pada materi pecahan ini dapat  dikatakan bahawa penggunaan peraga benda konkrit dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa dan dari hasil ini maka peneliti akan melanjutkan dan menggunakan cara-cara yang sudah peneliti tempuh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkrit dapat mengatasi kesulitan belajar materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Karakan 01 Kecamatan Weru Kab. Sukoharjo  Semester I Tahun 2013/2014.



Belum ada komentar untuk "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET SISWA KELAS III SD "

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free