Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS V SD

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS V SD

Pembelajaran IPS di SD Negeri Pajang I UPT Dinas Dikpora Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dirasakan belum optimal dan mengalami beberapa kendala. Berdasarkan hasil pengamatan, kelemahan dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Pajang I antara lain disebabkan karena a) Guru belum optimal dalam meyakinkan siswa untuk belajar PIPS lebih bergairan dan bersungguh-sungguh, siswa tidak dibelajarkan untuk membangun konseptualisasi yang mandiri; b) Guru lebih mendominasi siswa (teacher centered). Kadar pembelajaran yang rendah, kebutuhan belajar siswa tidak terlayani; dan  c) Guru belum membiasakan pengalaman nilai-nilai kehidupan demokrasi sosial kemasyarakatan dengan melibatkan siswa dan seluruh komunitas satuan pendidikan dalam berbagai aktivitas kelas dan satuan pendidikan.
Kelemahan tersebut berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Kurang optimalnya hasil belajar siswa tersebut diindikasikan dengan belum optimalnya hasil belajar siswa baik dari nilai rata-rata kelas maupun tingkat ketuntasan kelas, khususnya pada siswa kelas V di semester II tahun pelajaran 2011/2012.
Berdasarkan hasil ulangan harian yang dilaksanakan pada awal semester II, dapat diketahui bahwa tingkat ketuntasan kelas baru mencapai 45.65%. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh masih di bawah KKM yang ditetapkan sebesar 65, yaitu baru mencapai 60.80. Atas dasar hal tersebut maka siswa kelas V belum mencapai ketuntasan belajar.


Belum ada komentar untuk "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS BAGI SISWA KELAS V SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free