Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I peneliti mengadakan Workshop dengan kelompok besar yaitu semua guru kelas I samapai VI. Sedangkan Siklus II peneliti mengadakan workshop penyusunan RPP dengan kelompok kecil yaitu kelompok guru masing-masing kelas .
Pengumpulan data dilakukan dengan hasil implikasi Workshop menurut aspek –aspek dalam RPP. Dari kondisi awal katagori skor Amat Baik 0% , Baik 0%, Cukup 0% dan Kurang 100 %. Pada Siklus I menjadi katagori skor Amat Baik 0 %, Baik 50 % Cukup50 % Kurang = 0 %. Pada Siklus II katagori skor Amat Baik 50% Baik 50 % Cukup = 0 % Kurang 0 % berarti hasil penyusunan RPP dalam katagori Amat Baik dan Baik.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan : (1) Workshop dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun RPP. (2) dampak peningkatan tsb terjadi juga pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar Gugus Diponegoro UPTD Dikpora Kec.Banjarsari Kota Surakarta rata – rata naik 7%.