Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumen, Tes dan Non tes. Dari pengumpulan data tersebut diperoleh data kondisi awal, hasil siklus I dan hasil siklus II. Kondisi awal rata-rata kelas ( 47,46), hasil siklus I ( 59,57 ), hasil siklus II ( 69,71).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Nilai rata-rata kondisi awal ke siklus I meningkat 25% dari 47,46 menjadi 59,57 siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17 % dari 59,57 menjadi nilai rata-rata 69,71. Dan dari kondisi awal ke kondisi akhir meningkat sebesar 47 %. dari nilai rata-rata 47,46 menjadi 69,71.
Melalui pemanfaatan alat peraga Model Jam dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata 59,57 pada siklus II menjadi 69,71 karena motivasi belajar Nilai Kondisi awal sangat rendah < 50,00. Setelah diadakan tindakan kelas saat berlangsung guru menggunakan alat peraga model Jam, hasil belajar pembelajaran siswa meningkat, saat pelaksanaan siklus I dan siklus II.