Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 3 » SD » JURNAL PTK: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENENTUKAN BESAR SUDUT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL JAM BAGI SISWA KELAS III

JURNAL PTK: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENENTUKAN BESAR SUDUT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL JAM BAGI SISWA KELAS III

Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dokumen, Tes dan Non tes. Dari pengumpulan data tersebut diperoleh data kondisi awal, hasil siklus I dan hasil siklus II. Kondisi awal rata-rata kelas ( 47,46), hasil siklus I ( 59,57 ), hasil siklus II ( 69,71).
Hasil  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa. Nilai rata-rata kondisi awal ke siklus I meningkat 25% dari 47,46  menjadi 59,57  siklus I  ke siklus II meningkat sebesar 17 % dari  59,57  menjadi  nilai rata-rata 69,71. Dan dari kondisi awal ke kondisi akhir meningkat sebesar  47 %. dari nilai rata-rata  47,46 menjadi 69,71.
Melalui pemanfaatan alat peraga Model Jam dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata 59,57 pada siklus II menjadi 69,71 karena motivasi belajar Nilai Kondisi awal sangat rendah < 50,00. Setelah diadakan tindakan kelas saat berlangsung guru menggunakan alat peraga model Jam, hasil belajar pembelajaran siswa meningkat, saat pelaksanaan siklus I dan siklus II.


Unduh file jurnal PTK disini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MENENTUKAN BESAR SUDUT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MODEL JAM BAGI SISWA KELAS III"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free