Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 6 » SD » JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI

JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI

Tujuan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD) menurut (Depdiknas, 2007:64) adalah “agar dapat menggunakan Matematika  dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari ilmu pengetahuan secara logis, rational, kritis, cermat, jujur dan efektif’”. Sehingga apa yang telah diperoleh dari Hal tersebut merupakan tantangan bagi guru pada era globalisasisekarang ini, guru harus aktif, kreatif , inovatif dalam menciptakan suasana
pembelajaran yang efektif dan menyenangkan agar mendorong peserta didik  untuk belajar dan tertarik terhadap pembelajaran tersebut sehingga tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai secara optimal. Namun ternyata pembelajaran Matematika kompetensi volume bangun ruang kelas VI SDN Nguter 04 terbukti masih kurang karena sebagian besar   siswa belum dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 66.
Berdasarkan hasil prasiklus (Lampiran 1 halaman 14) ternyata nilai rata-rata hanya 62,50. Dari 8 siswa, hanya 3 siswa (37,50 %) yang tuntas belajar , sedangkan yang 5 siswa (62,50 %) belum tuntas. Dilihat dari prosesnya siswa cenderung malas, bosan, kurang aktif dalam pembelajaran yang konvensional, hal tersebut terbukti dalam observasi prasiklus,      ditinjau dari segi keaktifan, perhatian, kerjasama, semua masih dalam kategori cukup, dengan  nilai 3,42 sehingga membuat prestasi belajar matematika kompetensi volume bangun ruang sangat rendah


Unduh file jurnal PTK disini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free