Berdasarkan masalah diatas untuk memudahkan pemahaman tentang konsep matematika, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan sehingga siswa termotivasi dan menyenangi pelajaran matematika. Agar siswa tertarik terhadap pelajaran matematika, maka perlu suasana senang dan nyaman dalam belajar, maka perlu strategi atau model pembelajaran yang cocok untuk berperan aktif dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara optimal guna mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan.
Untuk mewujudkan proses pembelajaran matematika yang bermakna dan hasil belajar meningkat, peneliti mencoba mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul: “Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Gadingan 03 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013”.
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permsalahan penelitian : Apakah melalui model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar matematika tentang operasi hitung soal cerita pada siswa kelas V SD Negeri Gadingan 03 Semester I tahun pelajaran 2012/2013?