Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran cooperatif learning dengan model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar bahasa Jawa pada siswa Kelas IV SD Negeri Tegalsari 04 semester I tahun pelajaran 2012/2013. Motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek tanggung jawab (nilai rata-rata meningkat 0,7; persentase naik 18%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali), aspek memperhatikan umpan balik (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 11,8%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali); aspek mempertimbangkan resiko (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 13,3%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali); dan aspek kreatif-inovatif (nilai rata-rata meningkat 0,9; persentase naik 17,7%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali). Prestasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 5 siswa (19%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 27 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (81%) dan nilai rata-rata kelas dari 54,6 menjadi 84,6, meningkat sebesar 30,0.