Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » JURNAL PTK: COOPERATIF LEARNING DENGAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD

JURNAL PTK: COOPERATIF LEARNING DENGAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran cooperatif learning dengan model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar bahasa Jawa pada siswa Kelas IV SD Negeri Tegalsari 04 semester I tahun pelajaran 2012/2013. Motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek tanggung jawab (nilai rata-rata meningkat 0,7; persentase naik 18%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali), aspek memperhatikan umpan balik (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 11,8%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali); aspek mempertimbangkan resiko (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 13,3%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali); dan aspek kreatif-inovatif (nilai rata-rata  meningkat 0,9; persentase naik 17,7%; dari kategori tinggi menjadi tinggi sekali). Prestasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 5 siswa (19%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 27 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (81%) dan nilai rata-rata kelas dari 54,6 menjadi 84,6, meningkat sebesar 30,0.


Unduh file PTK disini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: COOPERATIF LEARNING DENGAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SD "

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free