Sebagai seorang guru yang professional hendaknya dapat menerapkan metode yang efektif agar materi yang dipelajari oleh siswa dapat dipahami dengan baik serta dapat meningkatkan prestasi belajar. Penguasaan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Nguter Sukoharjo terhadap mata pelajaran Pendidikan seni musik masih kurang karena menurut data terakhir tahun ajaran 2008/20009 daya serap siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan seni musik pada materi mengapresiasikan karya seni musik hanya 75%, berdasarkan data tersebut maka guru mencari masalah yang mengganggu dan menghambat penguasaan siswa terhadap mata pelajaran tersebut sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi dan hasil belajar siswa. Susunan laporan ini berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Pendidikan seni musik di kelas VII A.