Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD

Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep. Prosedur dalam penelitian ini dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empattahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 2)  Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar 66,88% pada Kondisi awal, 70,31% Pada Siklus I dan 82,19% pada Siklus II dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 38,88% pada Awal Siklus, 50% pada Siklus I dan 10% pada Siklus II.

Belum ada komentar untuk "UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM MELALUI PEMBELAJARAN ELABORATIF STRATEGI CONCEPT MAPPING BAGI SISWA KELAS IV SEMESTER I SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free