Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep. Prosedur dalam penelitian ini dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empattahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya motivasi belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 2) Penerapan pembelajaran elaboratif dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar 66,88% pada Kondisi awal, 70,31% Pada Siklus I dan 82,19% pada Siklus II dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 38,88% pada Awal Siklus, 50% pada Siklus I dan 10% pada Siklus II.