Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN PKN SEMESTER I DI SD

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN PKN SEMESTER I DI SD

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes dan nontes. Teknik tes yang digunakan untuk mendapatkan skor tulisan yang dihasilkan oleh siswa. Baik yang ada siklus I maupun siklus II. Teknik nontes dengan menggunakan observasi. Observasi dilakukan guru kelas saat melaksanakan Proses Belajar Mengajar  ( PBM ). Data lain yang diperoleh melalui jurnal siswa dari beberapa siswa yang menonjol tentang pelaksanaan pembelajaran PKn berlangsung. Teknik ini dipilih karena sesuai dengan sata yang akan diperoleh, yaitu berupa kemampuan siswa atau hasil siswa. Untuk mengumpulkan data peneliti melakukan tes kepada siswa kelas IV SD  semester I Tahun pelajaran 2015/2016 .

Validasi data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Trianggulasi sumber adalah pengambilan data dengan menggunakan tiga sumber yang berbeda. Dalam penelitian ini data dapat diperoleh dari siswa, teman sejawat, dan guru yang menjadi subjek penelitian.

Teknik analisis data kinerja guru dalam menggunakan metode mind mapping dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, karena data yang diperoleh berbentuk kategori/kualitatif. Teknik analisis data aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, karena data yang diperoleh berbentuk kategori/kualitatif.Dalam kegiatan ini analisis dikaitkan penggunaan metode mind mapping bagi siswa kelas IV SD  semester I Tahun pelajaran 2015/2016 .

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan motode penelitian tindakan kelas. Prosedur peneltian ini akan dilakukan melalui 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Belum ada komentar untuk "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN PKN SEMESTER I DI SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free