Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu bulan Januari sampai dengan bulan April 2010. Penelitian dilakukan pada waktu itu karena materi yang berhubungan dengan kompetensi menulis naskah pidato untuk kelas VI masuk program semester II tahun pelajaran 2010 / 2011. Adapun yang menjadi subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SDN Jetis 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo, dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari 17 laki - laki dan 17 perempuan.
Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data, data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif ) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi.