Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes, dan teknik non tes. Sedangkan alat Pengumpulan data meliputi dokumen, tes dan pengamatan. Dokumen digunakan untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar kondisi awal siswa yaitu berupa daftar nilai/laporan penilaian, pengolahan dan analisis prestasi belajar siswa. Tes digunakan untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar siswa yang berupa butir soal. Pengamatan menggunakan lembar penilaian yaitu untuk mengetahui motivasi siswa dalam aspek 1) Mengambil Tanggung jawab atas Perbuatan-perbuatannya, 2) Memperhatikan Umpan Balik Tentang Perbuatannya, 3) Mempertimbangkan Resiko, 4) Kreatif-Inovatif.
Validitas dan Analisis Data
Untuk memperoleh data yang valid mengenai motivasi dan prestasi belajar bahasa Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari 04 Semester I tahun pelajaran 2012/2013 yaitu: 1) motivasi (observasi) divalidasi melalui trianggulasi sumber, yaitu data yang berasal dari siswa, guru dan rekan kolaborator yang merupakan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses kondisi awal, siklus I dan siklus II. 2) prestasi belajar yang berupa nilai test yang divalidasi adalah instrumen test yang berupa butir soal dengan content validity diperlukan kisi-kisi soal. Data yang berupa angka (data kuantitatif) dianalisis menggunakan diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setalah siklus II, kemudian direfleksi.