Hasil pengamatan pada siklus I dengan lembar observasi yang digunakan oleh peneliti untuk menganalisis siswa selama proses pembelajaran pada siklus I menunjukkan perubahan ke arah yang positif. Hal- hal yang mendukung terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran sejarah berdasarkan kejadian selama proses pembelajaran diantaranya dapat diketahui melalui pendapat dari siswa.
Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan sebelum diberi pembelajaran dengan pola pembelajaran MEQIP.
Peningkatan hasil belajar siswa sesudah siklus II dilakukan disebabkan semakin baiknya metode yang digunakan. Pada pembelajaran menghitung luas daerah segitiga serta memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan luas daerah segitiga dengan menggunakan alat peraga MEQIP mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siklus I sampai tes siklus II mengalami peningkatan. Hasil rata – rata tes siklus I mencapai 7,0 atau 60 %. Pada siklus II rata- rata tes formatif siswa mencapai 7,6 atau 70 %. Antara hasil rata – rata tes yang diperoleh pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 10 %.