Dari histogram di atas dapat terlihat bahwa penilain kognitif pada siklus I siswa yang memperoleh nilai antara 51 – 55 sebanyak 5 siswa, nilai 56 – 60 sebanyak 9 siswa, nilai 61 – 65 tidak ada, nilai 66 – 70 sebanyak 5 siswa, nilai 71 – 75 sebanyak 5 siswa, nilai 76 – 80 sebanyak 5 siswa, dan 81 – 85 sebanyak 4 siswa Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai antara 51 – 55 tidak ada, nilai 56 -60 sebanyak 8 siswa, nilai 61 – 65 tidak ada, nilai 66 – 70 sebanyak 3 siswa, nilai 71 – 75 sebanyak 8 siswa, nilai 76 – 80, 10 siswa, dan 81 sebanyak 4 siswa.
Berdasarkan gambaran tersebut diatas, maka dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode sosiodrama dalam melakukan percakapan transasksional & meningkatkan prestasi interpersonal siswa terbukti dari peningkatan nilai rata-rata siswa kelas VII d pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
Melihat kondisi awal, Siklus I dan Siklus II rata-rata untuk setiap siklusnya meningkat, dari kondisi awal yang rata-ratanya 6,64 setelah diadakan tindakan kelas untuk Siklus I mengalami peningkatan yaitu menjadi 7,42 sehingga terjadi peningkatan dari kondisi awal ke siklus I sebesar 2,8%, dan dari siklus I ke siklus II sebesar 5%.