Dalam setiap pembelajaran untuk pokok bahasan tertentu akan lebih baik jika digunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat.
Prestasi belajar siswa tidak hanya meliputi kemampuan kognitif, tetapi juga kemampuan afektif dan psikomotorik. Hal ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan guru bahwa guru sebaiknya tidak hanya mengoptimalkan usaha – usaha dalam mengembangkan salah satu kemampuan, tetapi baik kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotorik harus dikembangkan secara optimal.
Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan indikator mata pelajaran dapat memperbaiki hasil belajar siswa sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai
Berdasarkan kesimpulan dan implikasi dari penelitian serta dalam usaha mengembangkan dan memajukan proses pembelajaran disekolah maka peneliti mempunyai beberapa saran :
Guru atau pada teman sejawat hendaknya harus menentukan dan menerapkan pendekatan atau metode pembelajaran yang tepat dalam setiap kompetensi atau pokok pelajaran tertentu.
Siswa hendaknya diajak lebih aktif dalam mengikuti pelajaran atau setiap tugas dan terus berlatih untuk mengasah kemampuannya sehingga terlihat adanya peningkatan.