Melalui penelitian tindakan kelas dirumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran IPA konsep perubahan pada benda melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri Manang 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014?, dan (2) Seberapa banyak peningkatan hasil belajar IPA konsep perubahan pada benda pada siswa kelas VI SD Negeri Manang 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014 setelah melalui pendekatan kontekstual.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran IPA konsep perubahan pada benda melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri Manang 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014 dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA konsep perubahan pada benda pada siswa kelas VI SD Negeri Manang 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014 setelah melalui pendekatan kontekstual.