Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa Kelas IV SD Negeri Krajan 02 semester I tahun pelajaran 2012/2013. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aktivitas menemukan kalimat (nilai rata-rata meningkat 1,0; persentase naik 18,4%; dari kategori baik menjadi amat baik), aktivitas membaca teks (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 12,8%; dari kategori baik menjadi amat baik); aktivitas menjawab pertanyaan (nilai rata-rata naik 0,6; prosentase naik 12,0%; dari kategori baik menjadi amat baik), dan aktivitas menuliskan kalimat (nilai rata-rata meningkat 0,9; persentase naik 17,6%; dari kategori baik menjadi amat baik). Kemampuan siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 1 siswa (4%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 23 siswa (92%). Terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (88%) dan nilai rata-rata kelas dari 68,1 menjadi 70,0, meningkat sebesar 31,8.