Atas dasar hasil diskusi dengan teman sejawat, pembelajaran yangdilaksanakan dari Siklus I ke Siklus II tentang upaya meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang perkembangan dan pertumbuhan manusia melalui model pembelajaran dengan pendekatan proses metode Inkuiri terbimbing siswa kelas VI semester I SDN wiropaten Surakarta sudah menunjukkan kemajuan.
Di bawah ini merupakan hasil analisa dan pembahasan prestasi, siswa dari Siklus I ke Siklus II.
Sebelum diadakan perbaikan siswa yang menguasai materi pelajaran 70 ke atas adalah 12 siswa dari 30 siswa. Pada perbaikan Siklus I menjadi 21 dari 30 siswa. Lalu pada perbaikan Siklus II menjadi 30 siswa dari 30 siswa.
Sebelum perbaikan siswa yang menguasai materi pelajaran 50 – 60 adalah 18 siswa dari 30 siswa. Pada perbaikan Siklus I menurun menjadi 9 siswa dari 30 siswa, sedangkan pada perbaikan Siklus II menurun menjadi 30 siswa dari 30 siswa.
Sebelum diadakan perbaikan siswa yang menguasai materi pelajaran 40 ke bawah adalah 1 siswa dari 30 siswa. Pada perbaikan Siklus I dan 2 menjadi tidak ada dari 30 siswa.