Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut: Bagaimanakah pengaruh metode belajar aktif model pengajaran terarah terhadap motivasi belajar IPS Materi Kebersihan Lingkungan Rumah dengan diterapkannya metode belajar aktif model pengajaran terarah pada siswa kelas I semester 2 SD Tahun Pelajaran 2012/2013?
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh motivasi belajar IPS Materi Kebersihan Lingkungan Rumah setelah diterapkan metode belajar aktif model pengajaran terarah Pada Siswa Kelas I Semester 2 SD Tahun Pelajaran 2012/2013?
Hipotesis Tindakan
Berdasarkan permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ioni, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut:"Jika Proses Belajar Mengajar Siswa Kelas I SD menggunakan metode dalam menyampaikan materi pembelajaran, maka dimungkinkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas I SD akan lebih baik dibandingkan dengan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebelumnya".