Dari grafik diatas dapat disimpulkan bahwa tindakan perbaikan pembelajaran dengan strategi Make A Match yang dilaksanakan dengan lebih baik, akan memberikan hasil yang lebih baik pula.
Pada pembelajaran pra siklus, dari jumlah siswa sebanyak 16, yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa (56 %) dengan nilai rata-rata 63,75. Pada pembelajaran siklus I hasil belajar siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 siswa (63%) dengan nilai rata-rata 68,75. Sedangkan pada pembelajaran siklus II, hasil belajar siswa yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa (88%) dengan nilai rata-rata 74,06.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pencernakan makanan pada manusia bagi siswa kelas V SDN Tanjungrejo 01 semester I Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA materi alat pencernakan makanan pada manusia.
Saran
Berdasarkan penelitian, agar pembelajaran lebih meningkat, maka saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut:
Bagi Sekolah Sekolah hendaknya mengoptimalkan pengadaan berbagai media pembelajaran atau alat peraga IPA yang menunjang pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa secara lebih nyata. Hal ini juga dapat meningkatkan aktifitas dan konsentrasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.