Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan proses belajar IPA materi Sumber Daya Alam pada siswa Kelas IV SD Negeri Cemani 02 Semester II tahun pelajaran 2010/2011. Proses belajar IPA materi Sumber Daya Alam dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek memahami (nilai rata-rata 3,1 menjadi 4,6, meningkat 1,5; persentase 62,5% menjadi 91,3%, naik 28,8%; dari kategori baik menjadi amat baik), aspek menjelaskan (nilai rata-rata 3,3 menjadi 4,5, naik 1,2; prosentase 65% menjadi 89,4%, naik 22,4%; dari kategori baik menjadi amat baik); dan aspek mengumpulkan informasi (nilai rata-rata 3,6 menjadi 4,6, meningkat 1,0; persentase 71,3% menjadi 91,9%, naik 20,6%; dari kategori baik menjadi amat baik). Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 13 siswa (41%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 32 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 19 siswa (59%) dan nilai rata-rata kelas dari 59,2 menjadi 82,5, meningkat sebesar 23,3.
Implikasi dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) membantu siswa yang lambat dalam memahami pelajaran IPA khususnya materi Sumber Daya Alam. 2) memberikan pengaruh yang positif baik dalam pendidikan dan sosial pada guru dan pada siswa. 3) merupakan cara praktis untuk membantu siswa dalam pelajaran IPA khususnya materi Sumber Daya Alam.