Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang terencana dengan baik dan terprogram secara terpadu akan dapat menghasilkan pelaksanaan kerja yang baik pula. Pembelajaran membaca cepat sangat berperanan dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Siswa dengan memiliki ketrampilan membaca cepat akan sangat membantu dalam memahami buku teks pelajaran. Jika kemampuan membaca cepat ini dapat secara merata dimiliki oleh para siswa, pasti kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik dan pada akhirnya dihasilkan mutu lulusan yang tinggi. Untuk itu ketrampilan membaca cepat perlu dikembangkan disekolah-sekolah yang merupakan suatu ketrampilan yang harus dimiliki oleh siswa.
Berdasarkan penelitian diatas keberhasilan guru dalam mengelola pembelajaran membaca cepat sangat ditentukan oleh koordinasi yang baik dalam bekerjasama antara siswa, guru dan sekolah dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang komunikatif dan menyenangkan.
Penerapan metode PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) merupakan pilihan yang tepat untuk mata pelajaran yang cenderung membosankan siswa. Metode PAKEM ini dapat dilaksanakan diluar kelas maupun di dalam kelas, akan tetapi agar metode ini dapat diterapkan dengan baik perlu adanya sarana dan prasarana yang menunjang. Sekolah berkewajiban untuk melengkapi sarana dan prasarana ini, baik berupa media pembelajaran maupun sarana ruang pembelajaran yang memadai. Keberadaan laboratoium bahasa dan ruang multi media akan sangat menunjang keberhasilan dalam pembelajaran ini.