Berdasarkan hasil tes kompetensi menulis karangan pada siklus I bertujuan (1) mendiskripsikan proses pembelajaran menulis karangan melalui Strategi Snowball Throwing pada peserta didik kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Weru Sukoharjo. Dalam proses pembelajaran siklus I peserta didik belum mampu memahami cara menentukan topik, merumuskan tema, menyusun kerangka karangan, mengembangkan paragraf, penulisan ejaan dan tanda baca, sehingga masih perlu ditingkatkan lagi pada siklus II; (2) meningkatkan kompetensi menulis karangan melalui Strategi Snowball Throwing. Peningkatan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 69,11 masuk kategori cukup. Akan tetapi, belum memenuhi target yang ditentukan yaitu 70, maka perlu ditingkatkan pada siklus II, (3) meningkatkan perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran menulis karangan melalui Strategi Snowball Throwing. Perilaku peserta didik masih terlihat pasif,misalnya kurang aktif bertanya, menjawab pertanyaan, masih pasif, kerjasama dalam kelompok dan berdiskusi belum adakeaktifan sehingga masih terlihat sendiri-sendiri belum ada keberanian dalam mempresentasikan hasil belajar di depan kelas, serta belum dapat memberi tanggapan atau pendapat dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan agar perilaku-perilaku negatif tersebut tidak muncul lagi dalam siklus ke II.