Mata pelajaran matematika diberikan kepada semua peserta didik mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, kritis, serta kemampuan bekerja sama, maka diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini dan pembelajaran yang membuat siswa belajar dan berusaha. Berdasarkan kenyataan hasil belajar matematika kompetensi bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri Bulakrejo 03 Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 masih rendah. Dari 38 siswa yang mendapat nilai tuntas hanya 12 siswa (31,58%) dan yang mendapat nilai belum tuntas 26 (68,42%) dengan KKM 65. Nilai rata-rata ulangan harian 61,97.
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun datar disebabkan karena guru dalam pembelajaran menggunakan sistem mengajar yang konvensional. Guru menyampaikan pembelajaran, sedangkan siswa hanya duduk manis mendengarkan penjelasan dari guru, akhirnya siswa akan mudah jenuh karena pembelajaran hanya di dominasi guru.