Dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam proses menulis karangan deskripsi mata pelajaran Bahasa Jawa dalam aspek yang diamati yaitu aspek keaktifan dari kategori aktif menjadi sangat aktif, aspek rasa ingin tahu dari kategori baik menjadi sangat baik, dan aspek ketelitian dari kategori cukup teliti menjadi teliti, aspek kerjasama dari kategori baik menjadi sangat baik.
Dari kondisi awal ke Siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 6 siswa (42,86%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 14 (100%) meningkat 8 siswa (57,14%). Nilai rata-rata dari 67,64 menjadi 76,93 meningkat sebesar 9,29.
Menurut teoretik dan empirik hasil penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat disimpulkan sebagai berikut.
Melalui penerapan model pembelajaran Kontekstual aktivitas menulis karangan deskripsi mata pelajaran Bahasa Jawa bagi siswa kelas VI SD Negeri Combongan 03 Semester I tahun pelajaran 2012/2013 meningkat. Dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam proses menulis karangan deskripsi dalam aspek yang diamati yaitu aspek keaktifan dari kriteria aktif menjadi sangat aktif, aspek rasa ingin tahu dari kriteria baik menjadi sangat baik dan aspek ketelitian dari kriteria cukup teliti menjadi teliti, aspek kerjasama dari kriteria baik menjadi sangat baik.