Penelitian ini bertujuan untuk menemukan penerapan pendidikan karakter dan strategi penerapan pendidikan karakter melalui tindak tutur guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dapat diterapkan di sekolah dasar mulai dari kelas satu sampai kelas enam. Pelaksanaan di dalam kelas melalui nasehat, himbauan, ajakan, larangan, maupun perintah. Strategi pelaksanaan pendidikan karakter di kelas dimasukkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang diajarkan guru dalam interaksi belajar. Selain itu penerapan pendidikan karakter dapat diterapkan dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas. Pendidikan karakter diajarkan terintegrasi pada setiap mata pelajaran, karena pendidikan karakter tidak berdiri sendiri sebagai mata pelajaran. Hasil penelitian ini adalah: (1) bahwa pendidikan karakter perlu diterapkan di sekolah karena dapat membentuk sikap, tingkah laku, dan kepribadian siswa yang berhati mulia., (2) menanamkan budi pekerti dan kebiasaan-kebiasaan yang baik kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari, (3) strategi penerapan pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui kegiatan kurikuler dan ektrakurikuler, dengan cara memberikan bimbingan, nasehat, saran, anjuran dan perintah.