Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 11 » SMA » Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dengan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas XI IPA

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dengan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas XI IPA


Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan , pelaksanaan , pengamatan dan refleksi.Pelaksanaan tindakan pada Siklus I dengan kelompok besar, yaitu  jumlah siswa kelas XI IPA.1 sebanyak 32 orang   dibagi menjadi 2 kelompok masing masing kelompok terdiri 16 orang.Pelaksanaan tindakan   Siklus II dengan kelompok kecil, yaitu  jumlah siswa 32 orang dibagi 5 kelompok masing masing kelompok terdiri 6 orang dan 2 kelompok yang lain  terdiri 7 orang.  Pembelajaran  pada Siklus I dan Siklus II menggunakan LKS sebagai bahan diskusi kelompok.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis  bentuk soal uraian , maka  hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi lingkaran yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini dapat dilihat dari kondisi awal siswa yang mencapai KKM ( 75 ) hanya 6,25 % dengan nilai rata – rata kelas 58,25. Kemudian dilakukan tindakan pada Siklus I siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 53,13 % dengan nilai rata – rata kelas 69,45. Karena hasil tindakan Siklus I siswa yang mencapai KKM belum memenuhi target yang diinginkan peneliti , maka dilanjutkan tindakan pada Siklus II  hasilnya siswa yang mencapai KKM  84,38 % dengan nilai  rata – rata kelas 77,97 Pada tindakan Siklus II siswa yang mencapai KKM sudah melebihi  target yang ditetapkan pada indikator kinerja yaitu 80%
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada  pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu guru untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelompok kecil  dengan Model Pembelajaran CTL Metode Inquiry , karena pembelajaran dengan  Model Pembelajaran  CTL  Metode Inquiry  dalam kelompok kecil  aktivitas dan hasil beljar  yang dicapai lebih optimal.

Belum ada komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dengan Metode Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas XI IPA"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free